3 fitur yang ada di All New Honda CBR250RR:
1. Suspensi depan up-side down
Honda pintar mencermati pasar. Ketika Ninja 250 dan R25 menggunakan suspensi teleskopik di depan, CBR250RR punya nilai plus dengan menganut suspensi up-side down.
2. Throthle-by-wire
Honda CBR250RR juga mengimplementasikan teknologi throttle-by-wire (TBW). Ini menandai CBR250RR sebagai yang pertama menggunakan fitur ini.
Sistem ini bekerja berkat Accelerator Position Sensor (APS) yang ada di sisi kiri gas. Di mana ia akan mendeteksi secara otomatis putaran tuas gas dan mengirimkan signal elektrik ke ECU. Sistem ini juga diaplikasikan di RC213V.
Sehingga, Honda pun menghadirkan fitur modus berkendara untuk melengkapi penggunaan sistem TBW. Ada tiga mode, Comfort, Sport, dan Sport +.
3. Dual knalpot
Fitur ini cukup menonjol pada CBR250RR. Ya, Honda mengaplikasikan dual knalpot dengan desain agresif.Adapun, knalpot ini punya konfigurasi dua leher knalpot kemudian keluar pada satu pipa dan kemudian didistribusikan pada dua lubang silincer (2-1-2).
All New Honda CBR250RR memiliki desain yang compact di setiap bagian sehingga dapat berkontribusi memberikan kesenangan bermanuver yang sesungguhnya. Setiap bagian teknis terintegrasi satu sama lain untuk menciptakan satu kesatuan sepeda motor yang ideal.
Styling
Styling dari model ini disesuaikan dari evolusi tiap fungsi bersama dengan pengembangan teknologi terkini. Tema desain “Speed Shape” menghadirkan tampilan menarik dan fungsional sehingga memberikan kesenangan pengalaman berkendara bahkan sebelum motor ini dikendarai.
Garis tajam terlihat dimulai dari sisi bawah, bagian depan merunduk hingga buritan belakang meruncing sehingga menghadirkan siluet posisi berkendara yang agresif dalam mengendalikan mesin baru yang bertenaga. Proporsi besar di bagian depan menghadirkan tampilan garang seperti pemangsa yang siap menerkam.
Konfigurasi part baru diadopsi untuk mewujudkan konsep original Honda “layered cowl”, untuk mengoptimalkan aliran udara saat berkendara yang membantu proses pendinginan mesin dan juga berkontribusi pada pengendalian yang optimal.
Kemudahan bermanuver dari motorsupersports sangat dipengaruhi oleh pengendara saat melakukan kontrol keseimbangan bobot sesuai yang dikehendaki. Untuk memaksimalkan kebebasan mengontrol keseimbangan bobot pengendara, jok pengendara di bagian depan diperkecil. Karakter proporsional dari motor ini dicapai daripower unit layout yang compact dan truss frame terbaru yang terlihat semakin gagah.
Chassis
Desain frame terbaru dengan struktur pipa baja menjamin kekuatan dan kelenturan.Frame ini turut mendukung output yang dihasilkan dan menghadirkan stabilitas sempurna dan pengendalian optimal bagi pengendara.
Lengan ayun tipe gull-arm terbuat dari alumunium melalui proses Gravity Dies Casting (GDC) menghasilkan pengurangan bobot unsprung dan memaksimalkan layout knalpot untuk lebih dekat dengan pusat grafitasi namun tetap mengoptimalkan sudut kemiringan saat bermanuver. Lengan ayun dihubungkan dengan main frame menggunakan suspensi Pro-Link.
Suspensi depan inverted fork berukuran 37mm dari Showa telah dipilih untuk mengurangi bobot unsprung dan menghadirkan cengkraman sempurna.
Adopsi LED di semua sistem pencahayaan dan aplikasi velg dengan 7-spoke yang di desain secara eksklusif, secara keseluruhan menghasilkan pemusatan bobot yang ideal sehingga tercipta manuver sempurna All New Honda CBR250RR.
Power unit
Mesin baru DOHC 4-valve twin-cylinder yang compact merupakan dasar yang penting untuk menghadirkan model ini.
Untuk membuat mesin yang sangatcompact, banyak teknologi yang diterapkan seperti meletakkan primary driver gears ke dalam cam chain, oil pumpdi sisi kanan yang terintegrasi dengan mesin, menempatkan saluran pernapasan mesin di belakang silinder, dan meletakkanwater pump di kepala silinder seperti yang diterapkan di RC213V. Lebar mesin baru 2-silinder ini hampir sama dengan mesin 1-silinder di kapasitas yang sama, berkat teknologi yang diterapkan di mesin baru ini.
Bagian penting lain di layout power unityaitu Downdraft air intake. Air cleanerdipindahkan dari posisi biasa di belakang silinder menjadi di atas silinder, resistensi asupan udara telah berkurang dan memberikan kontribusi optimal di seluruh rentang kecepatan. Hal ini memberikan kontribusi karakter tenaga dikombinasikan dengan desain mesin yang compact, mampu mengoptimalkan penyebaran bobot. Jok pengendara yang diperkecil juga memberikan kebebasan maksimal saat melakukan pengendalian.
Karakter output dari All New Honda CBR250RR membuat pengendara dapat menikmati kesenangan saat bermanuver dan mengontrol secara penuh.
All New Honda CBR250RR menjadi motor terbaik di kelasnya dimulai dari akselerasi awal, menyalip hingga kecepatan tertinggi.
Target tim development untuk mencapai karakter motor yang menjadikan pengendara mampu mengontrol sesuai dengan keinginannya dalam berbagai kondisi di setiap kecepatan mesin.
Electrical and Control systems
Untuk menghadirkan pengendalian optimal bagi pengendara, telah diimplementasikan teknologi terkini yakni throttle-by-wire atau yang dikenal sebagai TBW. All New Honda CBR250RR merupakan model pertama di kelasnya yang mengaplikasikan sistem TBW. Model ini menghadirkan akselerasi halus dan stabil yang lebih presisi.
Accelerator Position Sensor (APS) yang diletakkan di sisi kiri gas akan mendeteksi secara otomatis putaran tuas gas dan mengirimkan signal elektrik ke ECU. Sistem ini juga diaplikasikan di RC213V.
Untuk memaksimalkan fungsi dari TBW dilengkapi riding mode selector sehingga pengendara dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan. Mulai berkendara secara agresif di jalan pegunungan hingga berpetualang di perkotaan dengan berboncengan.
All New Honda CBR250RR tersedia dengan 2 tipe yakni STD (standar) dan ABS dengan pilihan warna Honda Racing Red, Anchor Graymetallic dan Mat Gunpowder Black Metallic.
Pilihan Warna All New Honda CBR250RR
Warna All New Honda CBR250RR hadir dengan tiga pilihan warna yaitu :
- Anchor Graymetallic
- Honda Racing Red
- Mat Gunpowder Black Metallic
Tidak ada komentar:
Posting Komentar